oleh

Angel Billabong Nusa Penida, Surga Yang Tersembunyi

Bali memang surganya dunia yang telah diakui oleh dunia. Selain kaya dengan seni dan budaya-nya,  juga terkenal akan obyek wisata yang sangat populer di kalangan wisatawan domestik atau wisatawan mancanegara. Namun masih banyak keindahan alam yang belum banyak diketahui, dan salah satunya adalah destinasi wisata Angel Billabong.

Apa itu Angel billabong?

Mendengar kata Angel Billabong pastinya anda berpikir tentang sebuah brand / merek fashions bukan? tapi ini bukan sebuah brand fashions, melainkan surga yang tersembunyi yang ada di pulau Nusa Penida. Arti dari Billabong sendiri adalah sungai yang buntu atau ujung dari sebuah sungai. Dengan kata lain tempat ini merupakan tempat akhir dari muara sungai sebelum menuju ke laut.

Angel Billabong dengan bentuk yang menyerupai sebuah kolam alami dengan kesan yang artistik dari batuan karang dan lumut, sehingga nampak eksotis dan sangat indah. Perpaduan dari warna lumut yang hijau dengan air jernih yang biru akan membuatmu terpesona dan kagum saat berada di sana.

Pada awalnya nama dari Angel Billabong adalah Umahtran. Umahtran menurut penduduk lokal merupakan tempat masuk air laut menuju kolam. Akan tetapi nama Angel Billabong lebih dikenal oleh wisatawan daripada Umahtran.

Keunikan dari Angel Billabong ialah air yang mengalir dari sela karang dan memenuhi kolam alami di antara karang besar dengan kedalaman yang bervariasi. Posisi tebing karang di  Angel billabong memisahkan pantai dengan kolam, sehingga Siapapun pasti bakal tergoda untuk berenang dan berendam di tempat kolam alami ini.

Akan tetapi kamu perlu berhati hati dan selalu waspada karena saat air laut pasang terutama pada sore hari, tempat ini sangat berbahaya untuk berenang. Kamu bisa naik ke tebing atau bukit untuk menikmati sunset.

Dimanakah lokasi Angel Billabong?

Obyek wisata Angel billabong masih dalam kawasan Pantai Pasih Uug atau Broken Beach yang berada di Dusun Sompang, Desa Bungamekar, Nusa Penida, Bali. Jarak yang bisa ditempuh dari pelabuhan Roro meuju ke lokasi Angel Billabong sekitar 45 menit.

 

Bagaimana Cara Menuju Angel Billabong?

Berwisata ke Bali adalah impian hampir setiap orang, tetapi kurang lengkap jika ke bali tanpa mengunjungi Nusa Penida.  Kemudian apabila ingin ke menuju Pulau Penida ada banyak pilihan rute yang bisa digunakan.

Berikut rute menuju Nusa Penida dari Pulau Bali.

Dari Pantai Sanur

Kamu bisa menitipkan kendaraan di lokasi pantai Sanur, sebelah timur Denpasar.  Di area Pantai Sanur banyak tersedia jasa pelayanan transportasi kapal cepat. Kamu bisa menyewa kapal cepat dari Sanur menuju Nusa Penida.

Biaya perjalanan perlu disiapkan sekitar Rp 80.000 per orang, dengan jadwal keberangkatan pukul 07.30 dan 16.00 begitu sebaliknya. Waktu perjalanan yang ditempuh dengan kapal cepat sekitar 45-60 menit tergantung kondisi cuaca.

 

Dari Pelabuhan Padang Bay

Buat kamu para backpacker yang menginginkan perjalanan dengan budget tidak terlalu besar, untuk menuju Nusa Penida bisa melalui Pelabuhan Padang Bay,  Karangasem.  Selanjutnya kamu bisa menggunakan kapal Roro.

Jadwal  keberangkatan kapal  Roro untuk rute Padang Bay –Nusa Penida pada pukul 08.30 – 09.30 WITA dan 15.30 WITA. Sedangkan rute dari Nusa Penida – Padang Bay pada pukul 06.30-07.30 WITA dan 17.30 – 18.30 WITA.

Selain menghemat biaya, memanfaatkan kapal ferry untuk perjalanan juga terdapat kelebihan lainnya, yaitu bisa membawa serta kendaraan pribadi yang nantinya bisa digunakan untuk menjelajahi Pulau Nusa Penida.

Sesampainya di Pelabuhan Roro, Nusa Penida, kamu bisa langsung menuju lokasi Angel Billabong yang berada diwilayah Pantai Uug atau Broken Beach. Jarak dari pelabuhan sampai dengan lokasi sekitar 21,6 Km. Demikian ulasan mengenai Angel Billabong, surga yang tersembunyi di Nusa Penida. Semoga dapat membantu dan bisa menambah wawasan.

Komentar

News Feed