oleh

Goa Gala-Gala Nusa Lembongan, Obyek Wisata Rumah Bawah Tanah

-Travel-1.199 views

Pulau Nusa Lembongan memang mempunyai banyak destinasi wisata. Selain menawarkan pemandangan alam pantai dan keindahan bawah lautnya yang mempesona. Nusa Lembongan juga menyajikan objek wisata yang unik-unik. Salah satu objek wisata tersebut adalah Goa Gala-Gala Nusa Lembongan. Goa Gala-Gala merupakan rumah bawah tanah atau sering disebut dengan nama underground house.

 

Sejarah Goa Gala-Gala Nusa Lembongan

Goa Gala-Gala merupakan rumah bawah tanah (underground house) dan dibangun oleh seorang dalang yang bernama Mangku Byasa. Rumah bawah tanah ini dibangun oleh Mangku Byasa pada tahun 1961 dan membutuhkan waktu selama 15 tahun untuk menyelesaikan Goa tersebut.

 

Beliau membangun Goa di dalam liang batu kapur tersebut dengan peralatan yang sederhana, seperti linggis. Dalam pembuatannya, Mangku Byasa memanfaatkan banyak kotoran sapi yang dibakar untuk memudahkannya mengali liang batu kapur tersebut. Dalam pembuatan Goa tersebut, Mangku Byasa terinspirasi dari cerita pawayangan Hindu Mahabarata.

 

Objek wisata Goa Gala-Gala Nusa Lembongan

Objek wisata unik dari Goa Gala-Gala ini mempunyai tiga buah pintu masuk. Terowongan bawah tanah yang paling dalam di Goa ini yaitu 7 meter. Sedangkan pintu masuk sekitar dua meter menuruni tangga. Akan tetapi ada sejumlah terowongan yang tidak tinggi, sehingga jika kamu kesini harus merunduk menjelajahi terowongan-terowongan tersebut.

Tetapi tidak semua terowongan harus kamu lewati dengan merunduk, karena terdapat tempat juga untuk berdiri. Sehingga kamu bisa sekali-kali mengabadikan foto di dalam gua ini. Walaupun tempat ini berada di bawah tanah, tapi sirkulasi udaranya cukup bagus.

Jadi kamu tidak akan merasa panas ataupun gerah walaupun berkeliling menyusuri terowongan-terowongan yang ada di dalam goa tersebut. Kamu bisa menikmati keindahan Goa bawah tanah sendiri ataupun ditemani oleh salah satu guide.

 

 

Di Goa ini terdapat beberapa ruangan. Diantaranya terdapat ruang tamu, dua kamar tidur, kamar mandi, sumur dan dua dapur. Sehingga Goa Gala-gala seperti rumah pada umumnya, tetapi bedanya dinding dari Goa ini terbuat dari batu kapur. Karena Goa Gala-Gala ini berada di dalam batu kapur.

Area dari Goa Gala-Gala ini dibangun sekitar 4 are, dimana terdapat pelinggih dan dua bangunan rumah adat. Bangunan rumah adat itu adalah tempat untuk memajang kain tenun pendek dan cepuk, yaitu hasil kerajinan dari masyarakat Nusa Penida.

 

Lokasi dari Goa Gala-Gala Nusa Lembongan

Lokasi dari rumah bawah tanah Goa Gala-Gala ini terletak di Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

 

 

Akses menuju Goa Gala-Gala Nusa Lembongan

Untuk menuju ke pulau Nusa Lembongan kamu harus menyebrangi laut. Sedangkan akses paling menuju pulau Nusa Lembongan yaitu menggunakan fast boat atau speed boat. Kamu bisa menaiki fast boat dari dermaga Sanur menuju dermaga Mushroom ataupun dermaga pantai Jungut batu. Kurang lebih sekitar setengah jam perjalanan. Jika kamu dari dermaga Mushroom menuju Goa Gala-Gala membutuhkan waktu sekitar 1.5 Km.

Sedangkan kalau kamu dari dermaga pantai Jungut batu menuju Goa Gala-Gala akan lebih lama yaitu sekitar 3.5 Km. Dengan wilayah pulau Nusa Lembongan yang terbilang cukup kecil, sehingga kamu akan lebih mudah untuk menjelajahi pulau ini sampai puas.

 

 

Kesimpulan

Jika melihat informasi di atas kita bisa simpulkan bahwa, karena terinspirasi dari cerita pawayangan Hindu Mahabarata. Mangku Byasa akhirnya membangun rumah bawah tanah yang disebut Goa Gala-Gala. rumah bawah tanah ini dibangun di liang batu kapur dengan peralatan sederhana yang memerlukan 15 tahun untuk menyelesaikannya. Ruangan atau kamar di dalam Goa juga sama seperti rumah pada umumnya.

Komentar

News Feed